Biografi Tokuji Hayakawa – Pendiri SHARP Electronics

Biografi Tokuji Hayakawa – Pendiri SHARP Electronics - Kawan Figur Pedia, kali ini kita akan memberikan info tokoh beserta Biografi Tokuji Hayakawa – Pendiri SHARP Electronics, Dengan sedikit memberikan info yang bermanfaat tentang biografi beberapa tokoh tersebut dan juga dapat memberikan kita suatu motivasi dan semangat untuk terus maaju dalam belajar. Mudah mudahan isi postingan ini dapat anda ketahui dan mungkin ada manfaat yang akan anda dapat
Kisah Sukses Pengusaha
Tokuji Hayakawa
Anda tentu tahu SHARP bukan? Sharp adalah salah satu merk terkenal dari peralatan elektronik seperti Televisi, LCD, Mesin cuci, microwave, pendingin udara dan lain sebagainya. Siapakah tokoh dibalik kesuksesan Sharp? Dialah Tokuji Hayakawa. Berikut ini akan dibahas Biografi dari Tokuji Hayakawa.

Biografi Tokuji Hayakawa

Tokuji Hayakawa adalah seorang Jepang. Ia dilahirkan di Tokyo, Jepang pada tahun 1893. Ketika Tokuji lahir, kondisi Jepang belumlah semaju sekarang. Kemiskinan dimana-mana termasuk juga keluarga Hayakawa. Namun Tokuji harus bersyukur karena ia kemudian diadopsi oleh keluarga Sato walau tak sampai dewasa.

Ketika berumur belasan, Tokuji sudah bekerja di sebuah usaha pembuatan ornamen logam. Di sana Tokuji bekerja dengann sangat rajin dan baik, Tokuji sangat ingin sekali memiliki keahlian dalam membuat logam dan tata cara bisnisnya. Tokuji kemudian mendapat kepercayaan penuh dari bosnya.

Bisnis Ikat Pinggang

Suatu hari, Tokuji sedang melihat seorang artis sedang memakai ikat pinggang dari logam namun sepertinya artis tersebut tak terlalu suka dengan modelnya. Tokuji lalu memiliki ide untuk mmebuat ikat pinggang yang digemari. Ia lalu mencari referensi dengan mencari tahu model seperti apakah yang sering dipakai oleh orang barat. Tokuji kemudian menemukannya dan membuatnya. Tokuji berhasil membuat ikat pinggang yang lebih modis dan bisa dikaitkan.

Bos Tokuji mengetahui akan hasil karyanya dan memujinya. Bosnya lalu mendorong Tokuji untuk mematenkan penemuannya itu. Tokuji lalu memberi merk “Tokubijo” untuk ikat pinggang buatannya. Ikat pinggang itu lalu dikomersilkan dan banyak yang meminatinya. Tokuji kebanjiran order sehingga ia harus membuat pabrik sendiri di tengah kota serta tokonya di tahun 1921 bulan September.

Untuk mengejar pesananya ia lalu merekrut karyawan secara besar-besaran. Tokuji mendapat laba yang banyak sekali hingga bisa melunasi semua hutang-hutangnya. Tokuji terus memperluas bisnisnya.
Tokuji lalu mengembangkan pembuatan keran air dan ia memperoleh hak patennya pada 1915. Tokuji juga mengembangkan pensil mekanik yang ber merk “Ever-Sharp” dimana masih dijual hingga saat ini.

Merk SHARP
Melihat perkembangan bisnisnya yang melaju pesat, Tokuji lalu masuk ke bisnis elektronika dengan membuat segala peralatan elektronik. Ia memberi merk “SHARP” pada produk elektroniknya mengambil dari nama pensil mekaniknya yang laku keras “Ever-Sharp”. Produk unggulan Sharp waktu itu adalah radio-tape recorder dan televisi.

Dalam mengembangkan produk-produknya, Tokuji terus bekerja keras tiada henti. Jika ada dari produknya yang laku keras di pasaran maka akan muncul pesaing yang meniru produknya. Hal ini tak membuat Tokuji berkecil hati bahkan ia terus memopa kreativitas dirinya dan karyawan untuk melahirkan produk-produk unggulan lainnya. Tokuji malah senang jika produknya di tiru oleh pesaingnya. Itu bukti jika perusahaannya lebih unggul dari pesaingnya dan itu juga yang memompa semangat Tokuji untuk terus berinovasi tiada henti. Inilah yang namanya persainagn bisnis dan Tokuji menikmati hal itu.

Pensiun dan Meninggal

Tokuji juga aktif dalam kegiatan sosial selain bisnis. Tokuji menutup usia pada 81 tahun tepatnya tahun 1981.
Hingga sekarang Sharp terus menerus mengembangkan perusahaannya dan produk-produknya dengan memunculkan produk unggulan seperti televisis LCD merk Aquos yang kualitasnya sangat unggul dibanding produk sejenis, telepon seluler, microwave, Home cinema dan audio, AC, Kulkas, bahkan kalkulator dan mesin fax pun diproduksinya.


Sharp juga menjadi brand yang terkenal di Indonesia untuk produk elektronik.



Demikianlah BiografiBiografi Tokuji Hayakawa – Pendiri SHARP Electronics

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua akan biografi tersebut , sekian dan terima kasih

0 Response to "Biografi Tokuji Hayakawa – Pendiri SHARP Electronics"

Post a Comment

Pages