Biografi Bayu Reksa Nugraha – Pemilik Banana Crispy, Berdagang Sejak SD

Biografi Bayu Reksa Nugraha – Pemilik Banana Crispy, Berdagang Sejak SD - Kawan Figur Pedia, kali ini kita akan memberikan info tokoh beserta Biografi Bayu Reksa Nugraha – Pemilik Banana Crispy, Berdagang Sejak SD, Dengan sedikit memberikan info yang bermanfaat tentang biografi beberapa tokoh tersebut dan juga dapat memberikan kita suatu motivasi dan semangat untuk terus maaju dalam belajar. Mudah mudahan isi postingan ini dapat anda ketahui dan mungkin ada manfaat yang akan anda dapat
Bayu Reksa Nugraha
Bayu Reksa Nugraha lahir di Tasimalaya, 23 Mei 1987, hobinya memancing dan menyanyi. Ia menempuh pendidikan di SD Pajajaran Tasimalaya. Kemudian SMP Tarbiyatul Mua’allimim Al-Islamiyah Ponpes Walisongo Ngabar, Ponorogo. Llau pindah ke pulau Kalimantan di SMKN 5 Samarindah dan selanjutnya Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman di Samarinda, KalTim.

Sejak SD orangtuanya selalu mengajarinya hidup hemat walau terkadang menurutnya teramat pelit. Untuk jajan disekolah ia harus benar-benar menahan diri, karena jatah uang yang ada harus cukup seminggu. Namun kerasnya didikan ortu Bayu ini ada manfaatnya. Sejak saat itu ia berfikir untuk bisa mendapatkan uang tambahan jajan sendiri. Caranya uang sakunya dibelikan jambu tetangga dan dijual lagi di sekolah. Dari situ ia mendapat laba untuk tambahan uang saku. Tak hanya itu, ia juga berjualan kertas mewarnai dan gambar tempel. Ia jadi sennag menikmati jerih payahnya  sendiri.

Orang tua Bayu adalah usahawan di bidang jasa pendidikan dengan nama Ganesha Group. Setiap hari sepulang sekolah ia membantu orangtuanya di kantor Ganesha sekaligus belajar. “Lama-lama sayapun resmi menjadi karyawan di kantor ayah saya sendiri,” ujarnya.

Sejak bergabung sebagai karyawan di perusahaan orang tua, perubahan besar terjadi dalam hidup Bayu, ia mengaku. Bekerja mmebuatnya harus selalu mengasah otak, menemukan inovasi dan berfikir kreatif. Apalagi ia kemudian ditempatkan menjadi kepala bidang marketing. Hal itu meyakinkan dirinya bahwa semua orang memiliki kesempatan untuk sukses. Pola pikirlah yang membatasi sesorang untuk sukses. “ memang Tuhan tidak akan mengubah seseorang, kecuali seorang itu mau mengubah dirinya,” katanya bijak.

Banana Crispy

Perusahaan orangtuanya telah bergerak maju menjadi kursus mengemudi mobil, komputer, bahasa Inggris, serta Ganesha College yang menjalankan program setara diploma. Kali ini Bayu ditempatkan sebagai Customer Service merangkap bagian marketing.

Saat itu jiwa wirausaha Bayu mulai tumbuh. Kebetulan dikantornya ada sebuah ruangan kantin yang sudah lama tak digunakan. “Naluri bisnis saya muncul. Lima puluhan karyawan ditambah lima ratusan siswa kursus setiap hari beraktifitas ditempat ini. Inilah peluang bisnis yang sangat bagus, pikir saya waktu itu,” kisah Bayu. Bermodal kompor bekas dan uang 81 ribu, ia memulai bisnisnya.

Pertama-tama ia berjualan es teh manis dan kopi serta pisang goreng. Dalam sebulan, modal 81 ribu berkembang menjadi ratusan ribu. Keuntungan itu ia gunakan untuk membeli kompor gas. Seorang karyawan membisikkan padanya bahwa pisang goreng buatannya enak, “Sayapun berinovasi. Melalui beberapa eksperimen akhirnya terciptalah Banana Crispy,” ungkap Bayu.

Dagangannya laris manis di kantin kantor. Ia kemudian membuat gerobak kayu untuk berjualan Banana Crispi di depan kantor dan laris manis juga. Tanpa harus mengganggu jam kerjanya di kantor, Bayu terus mengembangkan usahanya dengan mengikuti pameran demi pameran. Dagangannya pun terus laris manis. Dari situlah, tiap keuntungannya selalu disisihkan utuk membuat gerobak baru dan seterusnya. Bayu menarik kesimpulan bahwa Berbisnis Tak Harus Modal Besar.

Bayu juga menerapkan kemitraan dengan cara bagi hasil. Dalam waktu empat bulan ia sudah memiliki 9 outlet ditambah diversifikasi lainnya seperti batagor Bandung, bubur ayam Bandung dan kantin di Kampus Ganesha.

Lembaga Pendidikan Wirausaha


Melihat keberhasilan Bayu dalam berwirausaha, ayahnya lantas mendirikan jurusan Wirausaha Muda di Ganesha College dimana Bayu didaulat untuk bertanggung jawab segalanya dari awal hingga terealisasi. Programnya berupa program wirausaha 1 tahun yang aplikatif dan menggunakan tenaga pengajar yang kompeten, mulai dari pengusaha, kepala daerah, kepala-kepala dinas dan para pimpinan perusahaan swasta nasional.

Reksa Group

Selain mengelola perusahaan keluarga, Bayu juga merintis usaha pribadinya. Namanya Rexa Group yang bidang usaha awalnya adalah perkantinan seperti yang sudah dijabarkan dimuka. Rexa Group kemudian berubah nama menjadi Reksa Group dimana bidang usahanya sudah menyebar menjadi usaha general kontraktor, supplier, trading dan distributor, reksa food yang terdiri dari banana crispy, Rumah Makan Bandung Mang Kasep, Icon Cafe, Bakmie Tasik.

Dari tahun ke tahun ia mengurus usahanya dengan ulet namun ia juga mmebuat lompatan-lompatan yang mmebuatnya berada di suksesnya sampai sekarang. Dari hanya berbisnis pisang goreng menjadi gurita bisnis hingga kontraktor dimana bidangnya sudah jauh berbeda. Itulah Quantum Leap yang dilakukan Bayu.

Biodata

Nama : Bayu Reksa Nugraha
TTL : Tasik Malaya, 23 Mei 1987
Pendidikan : 2005-2006 D1 Programer & Teknisi Komputer , Ganesha College Samarinda
Nama Usaha : Reksa Group, Banana Crispy
Penghargaan : Finalis Wirausaha Muda Mandiri




Demikianlah BiografiBiografi Bayu Reksa Nugraha – Pemilik Banana Crispy, Berdagang Sejak SD

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua akan biografi tersebut , sekian dan terima kasih

1 Response to "Biografi Bayu Reksa Nugraha – Pemilik Banana Crispy, Berdagang Sejak SD"

  1. Baccarat | Craps | Cards, Slots, Poker, Roulette, Craps - FBS
    If you are looking for a safe place to play the 바카라사이트 worlds most exciting casino 바카라 table games, try one of our many options 제왕카지노 today!

    ReplyDelete

Pages